Memasuki hari ketujuh meninggalnya Almarhum Abdullah ratusan Jamaah tampak memadati Rumah duka di dusun Lamkuta Desa Juli Meunasah Tambo Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen untuk mendo’akan almarhum Abdullah, Jum’at (06/08/2021) pagi.

Abdullah merupakan ipar dari Imam desa Juli Meunasah Tambo, ratusan warga yang hadir dari hari pertama meninggal sampai hari ke 7 merupakan warga desa, sanak saudara, teman dan warga tetangga desa juli Meunasah Tambo.

Tahlilan dan doa langsung dipimpin oleh Imam Meunasah yakni Tgk. Zainal atau yang akrab disapa Tgk. Non, yang merupakan abang ipar dari almarhum Abdullah.

Kematian yang di alami oleh setiap makhluk adalah takdir yang tak dapat dihindari maupun di tunda. Oleh karena itu menerima serta ikhlas dalam menjalani kehidupan ialah kunci meraih ketenangan dalam hidup. Terdapat beberapa keutamaan takziah yang belum banyak orang tahu, mungkin belum tahu tapi dengan sendirinya tahu jika kegiatan tersebut sangat baik. Lalu apa sih kira-kira hikmah dari takziah itu sendiri?

Saat manusia tertimpa musibah, bertakziah ialah bentuk rasa simpati kita terhadap musibah yang sedang di alami oleh orang tersebut dan merupakan Salah satu sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang telah diajarkan kepada para sahabat ketika ada yang sedang tertimpa musibah adalah bertakziah.

Dalil Anjuran Bertakziah

Berbicara masalah Takziah, tentunya memang tidak terlepas dari musibah kematian. Dalam kehidupan, yang namanya kematian tidak akan memandang siapa saja, mau itu orang tua, anak muda, anak-anak, bahkan bayi yang belum lahir pun akan menghadapi yang namanya kematian dengan atas kehendak Allah swt. Untuk itu sebagai sesama umat muslim, memberikan penghormatan terakhir serta turut bela sungkawa atas musibah yang dihadapi adalah suatu anjuran yang patut menjadi kebiasaan dalam hidup bersosial.

Di antara hadis yang dijadikan dasar oleh para ulama tentang anjuran bertakziah adalah hadis riwayat al-Tirmidzi dan al-Baihaqi dari Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi Saw bersabda;

“Barangsiapa yang bertakziah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut.”

Juga disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Majah dan al-Baihaqi dari Amr bin Hazm, dari Nabi Saw bersabda;

https://julitambojaya.go.id“Tidaklah seorang Mukmin bertakziah kepada saudaranya yang terkena musibah kecuali Allah akan memakaikan pakaian kemuliaan kepadanya di hari kiamat.”

Kaur Umum