Pertanyaan umum

Bagaimana cara menghindari penyebaran virus corona?

Bila memungkinkan, jangan gunakan kendaraan umum. Selalu jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain termasuk di sarana kesehatan dan sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).

Cara paling efektif untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan COVID-19 adalah mencuci tangan secara teratur, tutup mulut saat batuk dengan lipatan siku atau tisu, dan jaga jarak minimal satu meter dari orang yang bersin atau batuk.

melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dirasa sangat penting untuk wajib melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya. Selain itu, mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dengan air mengalir, pembatasan interaksi fisik (physical distancing), dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Masyarakat sangat penting untuk diberi edukasi dalam menghadapi new normal atau kebiasaan baru dalam kehidupan di tengah pandemi Covid-19 ini. New normal yang dimaksud adalah perilaku yang lebih disiplin dalam menjaga kesehatan salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.

Masyarakat diharapkan untuk rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Ketaatan dalam mematuhi anjuran dapat membantu masyarakat terhindar dari tertular Covid-19 di masa sekarang ini.

Penulis : Kaur Umum